Selasa, 20 Januari 2009

Proyek Sentul City Convention Centre

PROYEK SENTUL CITY CONVENTION CENTER
“ BERJUANG DI PELOSOK kampung “



Proyek Sentul City Convention Center terletak di Jl. Raya Sentul, Desa Cipambuan Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Lokasi proyek sebenarnya merupakan lahan Sentul City dan merupakan proyek kerjasama Sentul City dengan Yayasan Kasih Bagi Bangsa. Tim Konsultan yang terlibat pada proyek ini adalah Perencana Struktur PT. Susanto Ciptajaya Corp. , Perencana Arsitektur PT. Duta Cermat Mandiri, Perencana ME Team Consultant, dengan konsultan QS PT. Rekagriya Menarabuana & konsultan pengawas PT. Prosys Engineer International.

Bangunan utama terdiri dari 5 lantai dengan luas bangunan 26.186 m2 akan berfungsi sebagai convention center dengan konsep modern minimalis, bangunan yang timbul dari permukaan tanah dengan di kelilingi oleh area hijau rumput dan bamboo jepang , tampak dari bangunan ini mayoritas berwarna abu-abu dari batu purwakarta 50x300mm dan random dengan stainless steel, di mulai dari elevasi +10.75 m, sampai di elevasi + 23.75 m

View point dari bangunan ini adalah canopy baja yang di lapis oleh alumunium composite dengan kaca laminated di area entrance baik depan maupun belakang. Komposisi warna yang di timbulkan dari luar adalah abu-abu dan hijau beda hal nya dengan area interior, yang di dominasi oleh warna kontras alam seperti hitam, putih, cream, orange atau special color.

Pada bagian perimeter bangunan luar di lapis dengan jendela dan pintu alumunium dengan spesifikasi kaca sun-energy yang dapat mereduse panas matahari, dan jendela dan pintu bagian dalam menggunakan bahan kayu nyatoh dan kaca clear


Interior gedung sebagian besar merupakan area tribun dengan kursi – kursi dan lantai yang di lapisi oleh karpet sebagai centre area adalah panggung seperti sebuah stadion dengan kapasitas sampai dengan 10.000 orang. Bangunan ini akan dilengkapi dengan acoustic dengan spesifikasi sebuah convention di pergunakan pada area plafond & dinding sehingga akan mereduse suara di area dalam dan menjaga agar suara tidak merambat keluar.

Bangunan ini akan berdiri di atas lahan seluas 64.000 m2 dengan 2/3 areanya akan menjadi area jalan & parkir. Bangunan utama ini akan dilengkapi dengan sebuah bangunan tower 12 lantai yang akan berfungsi sebagai gedung pengelola atau kantor untuk tower merupakan tahap ke-2 dalam pelaksanaannya

Bangunan utama & tower akan dihubungkan oleh sebuah tunnel bawah tanah yang berfungsi sebagai jalur main distribusi Mekanikal Elektrikal yang menghubungkan antara bangunan GSG-tower, utility, GWT dan STP

Bentuk bangunan yang elips dengan as-as kolom yang berada pada garis varian lengkung cukup menyulitkan dalam proses pengukuran awal. Ketepatan & ketelitian penentuan koordinat- koordinat as oleh surveyor menjadi sangat penting.

Dengan pertimbangan bangunan utama adalah bangunan tidak tinggi namun memiliki bentang luas, maka diputuskan proses konstruksinya tidak menggunakan Tower Crane, tetapi dengan memakai Mobile Crane milik PT. TATA sendiri, yang juga merupakan bentuk investasi PT. Tatamulia Nusantara Indah.

Karena struktur atap bangunan utama merupakan struktur baja dengan bentang panjang yang akan dikerjakan by other, maka area tribun & panggung dengan luas + 8000m2 pengerjaannya harus dipending menunggu pekerjaan konstruksi atap baja selesai. Hanya struktur area perimeter bangunan yang akan menjadi dudukan atap baja & trap taman miring serta bangunan fasilitas yang dapat dikerjakan terlebih dahulu.

Faktor cuaca daerah sentul yang sering hujan cukup merepotkan terutama pada saat pengecoran, intensitas petir & badai di area ini pun cukup tinggi sehingga membutuhkan penangkal petir cukup banyak & tingkat kehati-hatian yang tinggi. Ditambah lagi jenis tanah yang sangat lunak (soft-clay) yang apabila terkena air hujan akan sangat sulit untuk dilewati.

Pada akhir tahun 2006 ini, pekerjaan yang sudah dikerjakan baru bangunan fasilitas ( Utilitas, GWT & STP ) dan saluran eksternal, karena per 17 November 2006 pekerjaan struktur bangunan utama dipending yang diakibatkan permasalahan pondasi tiang pancang yang dikerjakan by other. Selain pergeseran posisi tiang pancang yang sudah ditindaklanjuti dengan join survey, permasalahan utama adalah system sambungan antar tiang yang tidak sesuai standard yang kita temui di lapangan yang mengakibatkan banyak sambungan tiang lepas pada saat digali.

Berdasarkan prinsip dan komitmen PT. TATA yaitu untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan maka pihak TATA turut mempertanyakan dan ikut peduli terhadap pekerjaan tiang pancang ini, yang sebenarnya di luar scope PT. TATA. Namun agar tidak menimbulkan resiko di kemudian hari maka dengan pertimbangan kehati-hatian itulah PT. Tatamulia Nusantara Indahikut membantu di dalam memberikan analisa & pertimbangan mengenai kualitas sambungan tiang pancang tersebut. Karena banyak sambungan berada pada kedalaman < 9m dimana pada area tersebut merupakan lapisan tanah sangat lunak, bahkan cukup banyak juga berada di kedalaman < 7 m dimana gaya geser & momen masih signifikan. Permasalahan tersebut atas advice dari konsultan tanah dan pondasi, Bapak Prof. Paulus P. Rahardjo Phd. ,sudah ditindaklanjuti dengan tes PIT ( Pile Integrity Testing) yang kemudian untuk tiang yang terindikasi bermasalah ditindaklanjuti lebih lanjut dengan lateral loading test.

Sampai dengan akhir tahun 2006 ini Kami masih menunggu hasil evaluasi dari pihak yang berkompeten, yang tentunya solusinya akan menjadi dasar untuk re-schedule proyek ini. Namun tidak berarti proyek ini tanpa kegiatan, karena walaupun hanya ditemani camilan “ singkong rebus “ setiap hari, pada saat ini Kami masih tetap bersemangat menyelesaikan pekerjaan bangunan fasilitas pendukung , infrastruktur luar & proses engineering. Sesuai dengan yang selalu Kami tanamkan pada seluruh tim GSG Sentul apa yang Kami terima pada saat Raker TATA 2006, terutama pada saat Mr. Motivator meneriakkan bahwa “ Orang-orang yang luar biasa menjadikan beban sebagai target yang menggairahkan dan Hidup adalah proses perjuangan untuk meraih keberhasilan ”. Dengan berbekal motivasi itulah, Kami tim GSG Sentul berjuang di tempat nan jauh dari semerbak keramaian kota. Namun dengan semangat tinggi untuk menyelesaikan proyek GSG Sentul dengan tetap mengobarkan slogan TATA , Together we improve our quality , TATA…TATA…TATA…yes. ( Project Team GSG Sentul , “ di antara lautan pohon singkong Kami Mengabdi “)

Tidak ada komentar: