Minggu, 01 Februari 2009

4 Tipe Manusia Hadapi Tekanan Hidup

"Semua kesulitan sesungguhnya merupakan kesempatan bagi jiwa kita untuk tumbuh" (John Gray)

Pembaca, hidup memang tidak lepas dari berbagai tekanan. Lebih-lebih, hidup di alam modern ini yang menyuguhkan beragam risiko. Sampaiseorang sosiolog Ulrich Beck menamai jaman kontemporer ini denganmasyarakat risiko (risk society). Alam modern menyuguhkan perubahancepat dan tak jarang mengagetkan.

Nah, tekanan itu sesungguhnya membentuk watak, karakter, dansekaligus menentukan bagaimana orang bereaksi di kemudian hari.

Pembaca, pada kesempatan ini, saya akan memaparkan empat tipe orangdalam menghadapi berbagai tekanan tersebut. Mari kita bahas satu demisatu tipe manusia dalam menghadapi tekanan hidup ini.

Tipe pertama, tipe kayu rapuh. Sedikit tekanan saja membuat manusiaini patah arang. Orang macam ini kesehariannya kelihatan bagus.

Tapi,rapuh sekali di dalam hatinya. Orang ini gampang sekali mengeluh padasaat kesulitan terjadi.

Sedikit kesulitan menjumpainya, orang ini langsung mengeluh, merasatak berdaya, menangis, minta dikasihani atau minta bantuan. Orang iniperlu berlatih berpikiran positif dan berani menghadapi kenyataanhidup.

Majalah Time pernah menyajikan topik generasi kepompong (cacoongeneration) . Time mengambil contoh di Jepang, di mana banyak orangmenjadi sangat lembek karena tidak terbiasa menghadapi kesulitan.
Menghadapi orang macam ini, kadang kita harus lebih berani tega.
Sesekali mereka perlu belajar dilatih menghadapi kesulitan. Posisikankita sebagai pendamping mereka.

Tipe kedua, tipe lempeng besi. Orang tipe ini biasanya mampu bertahandalam tekanan pada awalnya. Namun seperti layaknya besi, ketikasituasi menekan itu semakin besar dan kompleks, ia mulai bengkok dantidak stabil. Demikian juga orang-orang tipe ini. Mereka mampu
menghadapi tekanan, tetapi tidak dalam kondisi berlarut-larut.

Tambahan tekanan sedikit saja, membuat mereka menyerah dan putus asa.
Untungnya, orang tipe ini masih mau mencoba bertahan sebelum akhirnyamenyerah. Tipe lempeng besi memang masih belum terlatih. Tapi, kalaumau berusaha, orang ini akan mampu membangun kesuksesan dalamhidupnya.

Tipe ketiga, tipe kapas. Tipe ini cukup lentur dalam menghadapitekanan. Saat tekanan tiba, orang mampu bersikap fleksibel. CobalahAnda menekan sebongkah kapas. Ia akan mengikuti tekanan yang terjadi.
Ia mampu menyesuaikan saat terjadi tekanan. Tapi, setelah berlalu,dengan cepat ia bisa kembali ke keadaan semula. Ia bisa segeramelupakan masa lalu dan mulai kembali ke titik awal untuk memulailagi.

Tipe keempat, tipe manusia bola pingpong. Inilah tipe yang ideal danterhebat. Jangan sekali-kali menyuguhkan tekanan pada orang-orang inikarena tekanan justru akan membuat mereka bekerja lebih giat, lebihtermotivasi, dan lebih kreatif. Cobaperhatikan bola pingpong. Saatditekan, justru ia memantuk ke atas dengan lebih dahsyat. Sayateringat kisah hidup motivator dunia Anthony Robbinsdalam salah satubiografinya.

Untuk memotivasi dirinya, ia sengaja membeli suatu bangunan mewah,sementara uangnya tidak memadai. Tapi, justru tekanan keuangan inilahyang membuat dirinya semakin kreatif dan tertantang mencapai tingkat
finansial yang diharapkannya.

Hal ini pernah terjadi dengan seorangkepala regional sales yang performance- nya bagus sekali.

Bangun network
Tetapi, hasilnya ini membuat atasannya tidak suka. Akibatnya, justrudengan sengaja atasannya yang kurang suka kepadanya memindahkannya kedaerah yang lebih parah kondisinya. Tetapi, bukannya mengeluh seperti
rekan sebelumnya di daerah tersebut. Malahan, ia berusaha membangunnetwok, mengubah cara kerja, dan membereskan organisasi. Di tahunkedua di daerah tersebut, justru tempatnya berhasil masuk dalamdaerah tiga top sales.

Contoh lain adalah novelis dunia Fyodor Mikhailovich Dostoevsky.

Padamusim dingin, ia meringkuk di dalam penjara dengan deraan angindingin, lantai penuh kotoran seinci tebalnya, dan kerja paksa tiaphari. Ia mirip ikan herring dalam kaleng. Namun, Siberiayang bekutidak berhasil membungkam kreativitasnya.

Dari sanalah ia melahirkan karya-karya tulis besar, seperti TheDouble dan Notes of The Dead. Ia menjadi sastrawan dunia. Hal inijuga dialami Ho Chi Minh.

Orang Vietnamyang biasa dipanggil Paman Ho
ini harus meringkuk dalam penjara. Tapi, penjara tidaklah membuatdirinya patah arang. Ia berjuang dengan puisi-puisi yang ia tulis. AComrade Paper Blanket menjadi buah karya kondangnya.

Ah itu kan contoh kejadian di luar negeri . . . mungkin demikian pertanyaan anda.
Seorang rekan yang bekerja di sebuah perusahaan otomotif terbesar di Indonesia dikucilkan bahkan dibuang kecabang nun jauh dari kantor pusat oleh si Boss yang seorang wanita . Namun dengan motivasi kuatnya dia berhasil " ditarik " kembali ke kantor pusat dan malah bertugas " meng " guide " departemen sang Boss untuk beberapa materi development dengan ilmu yang dimilikinya .
Sekarang sang rekan malah sudah menduduki posisi puncak dengan wewenang diatas sang boss yang mengucilkannya , walaupun di perusahaan otomotif kompetitor.
Nah, pembaca, itu hanya contoh kecil. Yang penting sekarang adalahAnda. Ketika Anda menghadapi kesulitan, seperti apakah diri Anda?
Bagaimana reaksi Anda? Tidak menjadi persoalan di mana Anda saat ini.
Tetapi, yang penting bergeraklah dari level tipe kayu rapuh ke tipeselanjutnya. Hingga akhirnya, bangun mental Anda hingga ke level bolapingpong.

Saat itulah, kesulitan dan tantangan tidak lagi menjadi
suatu yang mencemaskan untuk Anda. Sekuat itukah mental Anda?

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya Fatimawati, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS.Who yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah QUALITYLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu. Tapi qualityloan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: qualityloanfirm@asia.com. Email pribadi saya sendiri: fatimatu.said99@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati